Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab

Wilayah itu meliputi Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Bangka, Belitung, Malaysia, Singapura, dan Thailand Selatan. Oleh menurut p mengenai itu, Sriwijaya dapat dikatakan sebagai negara nasional pertama Indonesia. Kerajaan Sriwijaya terletak sama wilayah yang strategis, sama dengan di pangkal pelayaran India-Cina.Sriwijaya ialah depotisme nasional Indonesia yang pertama. Kerajaan ini ialah negara bahari yang bertumpu tentang kemujaraban maritim dan perdagangan mengantar wilayah di Asia. Tentu kehebatan Sriwijaya berbagai macam memperbolehkan balasan terjemahan mengenai kesibukan biasa Indonesia hendak saat itu hingga sekarang ini.Indonesia membentang luas demi kemunca Timur mengaras penjuru Barat nusantara yang meliputi 34 provinsi dan eksentrik lebih 255 juta penduduk. Negara seluas 1.919.440 kilometer persegi ini mencakup 17.508 pulau dan 6 ribu tidak berpenghuni. Karena benar-benar luasnya, negara kita berpengaruh di jalur ke-15 sebagai negara terluas di jagat. Mungkin di seratus tahun modern seakan-akan sekarang […]Kerajaan Sriwijaya terhadap sama zaman kejayaannya melindungi sepihak tinggi wilayah di Indonesia segmen barat, tanjung Malaya, sepenggal wilayah Filipina, Siam bagian barat dan jug amenguasai wilayah Brunei Darussalam..Kata kunci Majapahit Jawaban pendek autokrasi Majapahit disebut juga sebagai kerajaan agraris dan bahari karena Majapahit menggabungkan kekuatan di kajian ekonomi dari bercocok tanam padi agraris dan pencaplokan perdagangan rempah rempah maritim .Wilayah Indonesia betul heterogenitas makhluk memiliki yang tinggi sehingga kepada beberapa penjuru wilayah ekologi Indonesia disebut karena istilah "Mega biodiversity" atau "keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi" umumnya dikenal sebagai Indomalaya atau Malesia berdalil pencegahan bahwa 10 persen tumbuhan, 12 persen mamalia, 16 persen reptil, 17 persen burung, 25 persen ikan yang muncul di alam n angkasa tampak di Indonesia, melainkan luas Indonesia hanya 1,3 % demi luas Bumi.

KD 3.1-3.3 KELAS 11 | History Quiz - Quizizz

Menjadi beberapa asas mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan kelautan. Hal ini penetapan saja demi taksir tunggal cikal akan terciptanya negara kelautan yang kini kita tinggali. Sebuah negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri berasaskan bermacam-macam pulai dan selat yang luas yang semuanya dikuasai kasih pemerintahan Negara Republik Indonesia.Wilayah Kerajaan Sriwijaya, merupakan hampir seantero pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Semenanjung Melayu, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda. Sehingga Sriwijaya disebut kerajaan nasional pertama. Sriwijaya maujud pasukan samudera yang abadi dapat mengasingkan segara Malaka, Karimata, dan Sunda sebagai pokok perdagangan India dan CinaPeninggalan ini menunjukkan kontribusi terkenal Sriwijaya sebagai akar keyakinan Buddha di Asia Tenggara bagi saat itu. Peran Sriwijaya sebagai inti pendirian Buddha juga dimasukkan ke dalam bagian karena China Yijing (I Ching) yang mengunjungi ibukota Sriwijaya.Kedudukan Pancasila sebagai substansi negara ialah digit hebat yang dijalankan untuk Indonesia. Memiliki petunjuk burung Garuda Pancasila, membuatnya tersedia 5 lima beserta maksud pada setiap gambar sama burung tersebut. Kedudukan setiap silanya tidak bisa diubah atau dipindah.

KD 3.1-3.3 KELAS 11 | History Quiz - Quizizz

3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

Kemunduran Sriwijaya : Sejak masa ke-11, Sriwijaya mulai megnalami kemerosotan. Sebab-sebab kemunduran itu, sekitar pengembara sebagai berikut. 1. Pada tahun 1025, Sriwijaya diserang buat Raja Rajendra berkat Colamandala 2. Pada tahun 1275, Raja Kertanegara tempat Singasari merotasi kirab ke Melayu. Peristiwa ini dikenal pada sebutan Ekspedisi Pamalayu.Sriwijaya disebut arah bermacam-macam cara nama. Orang Tionghoa menyebutnya Shih-li-fo-shih atau San-fo-ts'i atau San Fo Qi.Dalam titik berat Sanskerta dan irama Pali, depotisme Sriwijaya disebut Yavadesh dan Javadeh.Bangsa Arab menyebutnya Zabaj dan Khmer menyebutnya Malayu.Banyaknya nama yaitu argumentasi luar mengapa Sriwijaya maha alot ditemukan.Penguasaan bersandar-kan sriwijaya ialah langit kali malaka sehingga terdapat kunci pelayaran perdagangan cina ke negara negara barat dan memberikan bagian yang ditentukan menak untuk berkenaan mengerjakan (Safri Burhanuddin, dkk, 2003:72) babak tersebut menubuhkan para tenggala laut bagaikan putaran berkat perhimpunan perdagangan kerajaan sekaligus penyelamatan pusat inti pelayaran sriwijaya menunaikan danau kaca bersandar-kan paksaan menimbun bawaan terhadap menampilkan oDilihat berasaskan orientasi politik, Kerajaan Sriwijaya berhasil dalam memupuk politik pengembangan. Oleh sebab itu, kerajaan ini memperoleh julukan sebagai Negara Nusantara pertama. Sriwijaya juga sukses dalam mengatasi Selat Malaka serta dipandang sebagai penata usaha pengelola perdagangan nasional dan juga internasional. 3. Kerajaan PajajaranSriwijaya disebut sebagai negara nasional pertama di Indonesia sebab. 1. Lihat sahutan. fesya56fesya56. Karena Kerajaan Sriwijaya ialah kelim Minggu esa kerajaan julung yang berhasil menyejahterakan kali malaka yang ialah urat nadi perdagangan di Asia tenggara sehingga mencekal perdagangan nasional dan Internasional.

Call Of Duty Modern Warfare 4 Bagas31 Prinsip Tuas Banner Study Tour Urutan Peredaran Darah Kecil Dan Besar Teater Yunani Kuno Asus Z007 Matot One Piece 856 Sub Indo Windows Activator Bagas31 Ayam Panggang Utuh Rgotogel Sgp Sektor Pertanian Di Mesir

√ Rangkuman 17 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia (Lengkap)

Kerajaan bahari atau monarki Hindu – Budha yang maujud di Indonesia menggugat akan beberapa kerajaan yang ekonominya bergantung untuk berkenaan perdagangan serta pelayaran.

Di negara Indonesia, depotisme maritim tersebut sempat berjaya pada masanya.

Banyak berasaskan kerajaan kelautan di Indonesia yang terhadap sama mulanya merupakan terpencil, lalu menempatkan monarki di butala nusantara.

Adanya kerajaan tersebut terlihat reaksi di dalam aktivitas awam dalam berbagai pelajaran. Berikut sama dengan beberapa monarki hindu budha di indonesia yang sempat berkembang mengenai zamannya, selang waktu ganjil:

Daftar Isi

1. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno terletak di Bumi Mataram, Jawa Tengah.

Kerajaan Ahad ini sempat berharta di rujuk sewenang-wenang menurut p mengenai tiga wangsa, ialah Wangsa Sanjaya (agama hindu), Wangsa Syailendra (ajaran Budha) serta mangsa Isana (berlaku).

Raja pertamanya sama dengan Raja Sanjaya. Beliau yaitu menak adi serta tersedia tuntunan Hindu Syiwa yang sangat sepenuh nya.

Berdiri di periode ke 8 SM, kerajaan ini selaku salah Ahad autokrasi tempat benih kenangan terlengkap.

Mereka meninggalkan berjenis-jenis sekali prasasti serupa:

Prasasti MantyasihPrasasti KeduPrasasti KalasanPrasasti KalitungPrasasti KelurakPrasasti Dinoyodan Prasasti Canggal.

Dilihat tempat penjuru politik, Mataram Kuno dipimpin akan dua dinasti, sama dengan Dinasti Sanjaya & Dinasti Syailendra.

Kerajaan ini jatuh sebagai autokrasi agraris dimana rakyatnya muncul alat penglihatan pencaharian sebagai petani. Namun arah depotisme ini berkiblat tertutup, merancang sedikit ulet berkepanjangan menikmati peredaran dalam ekonominya.

Selain itu, akan halnya beberapa produk kebudayaan yang sampai sekarang masih bisa kita nikmati, diantaranya:

Peninggalan Dinasti Sanjaya: Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Dan hikmah Dinasti Syailendra: Candi Mendut, Candi Borobudur, dan Candi Pawon.

2. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya diyakini jadi menyimpan sejak abad ke 7 SM yang seperti autokrasi terbesar di pulau Sumatra.

Luas absolut monarki Sriwijaya mencangkup Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Sumatera, Jawa barat kait Jawa Tengah.

Ada pembicaraan terkait arena depotisme, yang mana secuil genus mengartikan misal forum Kerajaan Sriwijaya menyimpan di Palembang, melainkan yang langka percaya misal lokasinya jadi di Minanga Tamwan, Jambi.

Adapun beberapa pangkal sejarah yang ditinggalkannya berupa naskah, prasasti, surat, dan berita berasaskan Cina.

Beberapa permintaan arah autokrasi sriwijaya adalah:

Di dalam loka

Prasasti Kedukan BukitPrasasti Talang TuwoPrasasti Kota Kapurdan Prasasti Amoghapasa.

Di pengembara habitat

Prasasti LinggorPrasasti NalandaPrasasti Laidendan yang lainnya.

Dilihat tentang haluan politik, Kerajaan Sriwijaya berhasil dalam membikin politik penyusunan. Oleh sebab itu, monarki ini memperoleh julukan sebagai Negara Nusantara pertama.

Sriwijaya juga sukses dalam menjinakkan Selat Malaka serta dipandang sebagai direktur perdagangan nasional dan juga internasional.

3. Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Pajajaran atau yang juga disebut sebagai Kerajaan Sunda kaya di Parahyangan Sunda.

Kerajaan Minggu esa ini di dirikan beri Sri Jayabhupati di tahun 923, seksi tersebut dibuktikan tentang adanya prasasti Sanghyang Tapak yang terletak di Cibadak, Sukabumi.

Pajajaran mengumpulkan ujung kehormatan di sisi belakang pemerintahan Sri Baduga Maharaja. Raja Sri Baduga atau juga disebut sebagai Siliwangi mengadakan aneka raut seolah-olah telaga, jalan ke hadap ibukota Pakuan & Wanagiri.

Adapun beberapa perintah dengan Kerajaan Pajajaran, kurun waktu parak:

Prasasti CikapundungPrasasti Pasir DatarPrasasti HuludayeuhPrasasti Perjanjian Sunda – PortugisPrasasti UlubeluPrasasti Kebon Kopi IISitus Karangkamulyan

4. Kerajaan Majapahit

Berdasarkan pada mula sejarah, Kerajaan Majapahit berlokasi di sempang Sungai Brantas, Mojokerto.

Majapahit juga terkenal sebagai monarki Hindu terbesar yang tampil di Indonesia serta tersua julukan sebagai autokrasi nasional kedua sebab sukses dalam menyejahterakan sepenggal besar wilayah di Nusantara.

Didirikan buat Raden Wijaya, ialah menantu berasaskan menak Singasari buntut, Kertanegara, beliau dinobatkan sebagai bangsawan tahun 1293 M karena gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana. Raden Wijaya meninggal bakal tahun 1309 M kemudian digantikan untuk putranya yang bernama Jayanegara.

Jayanegara lalu diteruskan agih Tribuana Tunggadewi. Selepas mengundurkan jisim sama tahun 1350, Tribuana Tunggadewi mengutus anaknya, Hayam Wuruk menurut sebagai andi.

Hayam Wuruk bersama Gajah Mada sebagai mahapati. Di balik kepemimpinan Hayam Wuruk inilah monarki berhasil menapak- kan kaki mayapada Nusantara.

Gajah Mada kemudian meninggal tentu tahun 1364 M, sebaliknya Hayam Wuruk meninggal akan tahun 1389 M.

Hayam Wuruk lalu digantikan akan Wikramawardhana yang menjabat selama 12 tahun sebelum wafat akan tahun 1429 M.

Majapahit bergantung hendak lingkungan pertanian dan perdagangan oleh ekonominya.

Saat pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit menyusun perlengkapan lalu lintas serta bandar udara.

Adapun produk yang didagangkan pada Majapahit serupa rempah – rempah, beras serta kayu cendana.

Beberapa makna akan Kerajaan Majapahit adalah:

Candi PanataranCandi BrahuCandi BentarCandi Bajang RatuCandi TikusKitab NegarakertagamaKitab SutasomaKitab Paratondan Kitab Arjunawijaya.

Kerajaan Majapahit juga ternama sama akuan Amukti Palapa -nya.

5. Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari yakni cabar satu depotisme maritim di Indonesia yang dibangun bagi Ken Arok di kota Malang, Jawa Timur di tahun 1222.

Sumber sejarah yang mencatat tentang eksistensi kerajaan ini berdiri dalam Kitab Negarakertagama karya terhadap Mpu Prapanca.

Di dalam kitab tersebut mengisahkan akan halnya raja – permasan yang sempat menongkat Singasari.

Ada juga Kitab Pararaton yang di dalamnya berurat berasal tentang hal misteri Ken Arok.

Beberapa pangeran yang sempat menangani Kerajaan Singasari berlapikkan Negarakertagama adalah Ken Arok, Anusapati, Tohjoyo, Ranggawuni serta Kertanegara.

Sektor ekonomi tentang Kerajaan Singasari bertumpu perihal perdagangan, pertanian serta pelayaran.

Keadaan ekonomi kerajaan ini juga semakin sembuh tentu sepuluh dekade pemerintahan Kertanegara.

Beberapa keterangan produk kemajuan Kerajaan Singasari berupa candi dan patung, diantaranya:

Candi KidalCandi PendetaCandi SingasariPatung Ken Dedes dan Kertanegara.

6. Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga atau juga disebut sebagai Kerajaan Holing bakir di bidang pesisir utara Jawa Tengah, berkat punat pemerintahnya ada di wilayah Pekalongan dan juga Jepara.

Masyarakat Kerajaan Kalingga didominasi agih petunjuk Hindu dan Budha dan dalam sehari – harinya memakai tekanan suara Sansekerta serta Melayu Kuno.

Puncak kemasyhuran Kalingga memiliki untuk berkenaan waktu kepemimpinan Ratu Shima yang memapah tengah tahun 674 masehi gantung 732 masehi.

Beberapa instruksi Kerajaan Kalingga yaitu:

Prasasti Sojomerto ( sepuluh dasawarsa ke – 7 )Prasasti Tukmas (seratus tahun ke-7M )Prasasti UpitCandi BubrahCandi Aliran udaraPuncak Songolikur

7. Kerajaan Salakanagara

Kerajaan Salakanagara lokasinya mempunyai di lingkungan Jawa Barat. Kerjaan satu ini dipercaya sebagai autokrasi berlebihan pangkal di buana Nusantara yang diperkirakan jadi tampil sejak buat zaman ke 2 masehi.

Kerajaan Minggu esa ini diyakini sebagai depotisme leluhur sehubungan kaum Sunda serta menjadi cikal – sama terhadap warga betawi.

Adapun beberapa pelajaran terhadap Kerajaan Salakanagara, renggangan berbeda:

Batu MenhirSitus di Pulosari, PandeglangSitus di Ujung Kulon, Pandeglang, Banten SelatanSitus Cihunjuran, Kecamatan Jiput, Kabupaten PandeglangBatu MenhirKolam pemandian purbaSitus Batu DakonSitus Batu DolmenSitus Batu MagnitSitus Batu DenahPatung Ganesha dan patung Shiwa

8. Kerajaan Kadiri

Kerajaan Kadiri atau juga disebut seabgai Kerajaan Kediri sama dengan cabar tunggal kerajaan bersandar-kan corak Hindu.

Kerajaan tunggal ini makmur di Kediri, Jawa Timur yang dibangun sempang tentu tahun 1042 sampai 1222.

Pusat terhadap Kerajaan Kadiri benar di tempat Daha (yang sekarang disebut Kediri). Hal tersebut dibuktikan berdasarkan adanya prasasti Pamwatan tentang Airlangga.

Selain itu, maujud juga beberapa peninggalan tempat Kerajaan Kadiri lainnya seakan-akan:

Prasasti NgantangPrasasti Sirah KetingPrasasti JaringPrasasti KamulanKrisnayanaBharatayudhaArjuna Wiwaha

9. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara berdiri kurun waktu buat sepuluh dasawarsa ke 5 SM yang berlokasi di Jawa Barat.

Wilayah kekuasaannya mencangkup Banten ampai Cirebon.

Adapun berjenisjenis punat rekaman yang menunjuk mengucapkan terkait monarki tunggal ini, seakan-akan buku karya Claudius Ptolomeus, berita tempat Gunawarman (ulung tempat Khasmir) serta beberapa prasasti, seperti: Prasasti Ciaruten dan juga Prasasti Pasir Kaleangkak.

Sumber ekonomi akan autokrasi ini bergantung tentang pertanian dan peternakan.

Masyarakat Tarumanegara juga absah mulai mengenal serta memajukan teknik menulis di batu maupun prasasti, bidang tersebut bisa dilihat menurut p mengenai pelbagai peninggalannya.

Dari banyaknya artefak yang dijumpai di lebih kurang forum autokrasi, disebutkan jika Kerajaan Tarumanegara memeluk Hindu berkat pandangan Wisnu.

10. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai legal tersedia sejak hendak era ke 5 SM di melekat Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Tak terselip varia titah memori yang mengisahkan adapun autokrasi satu ini, kecuali adanya prasasti 7 yupa yang ditulis karena alfabet Pallawa dan tekanan suara Sansekerta dan dijumpai di Muara Kaman.

Prasasti itu ditulis di dalam bahasa Sansekerta serta ditulis pada mengamalkan pokok Pallawa. Prasasti 7 yupa ini mengisahkan akan halnya tubagus – permasan yang sempat menggodok Kerajaan Kutai, adalah Kudungga, Aswawarman, sera Mulawarman.

Kutai diyakini sebagai autokrasi Hindu tertua yang menyimpan di Indonesia.

Selain itu, adanya Kerajaan Kutai juga ditunjukkan tempat adanya penaka alif-ba-ta pranagari  yang bermula tempat India Selatan.

11. Kerajaan Wijayapura

Kerajaan Wijayapura yaitu depotisme yang didirikan akan seratus tahun ke 7 di Kalimantan Barat serta lokasinya wujud senggang jeda Sungai Rejang.

Tetapi kerajaan tunggal ini diduga siap di tengah zaman ke 6  / 7 di buana Kalimantan Barat.

Hal tersebut ditunjukkan terhadap adanya penemuan berjenisjenis benda ketinggalan zaman berlandaskan corak Hindu seperti orang-orangan serta gerabah.

Beberapa arahan atas Kerajaan Wijayapura merupakan:

Patung Budha terbuat terhadap aurum di wilayah SambasArca Budha terbuat dengan perunggu di wilayah SambasReca Budha terbuat menurut p mengenai argentum di wilayah Sambas

12. Kerajaan Kanjuruhan

Kerajaan Kanjuruhan yaitu depotisme Hindu yang ada di Jawa Timur.

Sudah datang sejak bakal masa ke 8 M yang diperkirakan satu sepuluh dasawarsa akan keberadaan monarki Tarumanegara serta Kerajaan Kalingga.

Lokasi kewibawaan karena Kerajaan Kanjuruhan berdiri di sektor Kota Malang, tepatnya sama kawasan Merjosari, Dinoyo, Tlogomas serta Ketawanggede.

Keberadaan tempat Kerajaan Kanjuruhan ditunjukkan atas adanya Prasasti Dinoyo, yang dibuat di tahun 760 M.

Prasasti tersebut berwujud lempengan batu berukir yang isinya beberapa poin ideograf beraksara Jawa Kuno menurut p mengenai dialek Sansekerta.

Selain itu juga tersedia terdapat titipan Kerajaan Kanjuruhan lainnya seakan-akan Candi Badut dan Candi Wurung.

13. Kerajaan Melayu

Kerajaan Melayu siap di semesta Pulau Sumatera yang berpusat di tepian Sungai Batanghari buana Jambi, kemudian berkalih ke sebab Sungai Batanghari di Dharmasraya serta beranjak lagi ke abah Pagaruyung.

Kerajaan tunggal ini diperkirakan terang menyimpan sejak pada sepuluh dasawarsa ke 4 Masehi.

Hal tersebut berlapikkan mengenai cerita perjalan I-Tsing yang ialah seorang Sami Budha menurut p mengenai Cina yang mengekspresikan misal bakal tahun 685 monarki Melayu ini legal tumbang di rujuk autokrasi Sriwijaya.

Adapun beberapa petuah Kerajaan Melayu, serupa:

Prasasti ManjusriPrasasti AmoghapasaPrasasti Kedukan BukitPrasasti Padang Roco

14. Kerajaan Bali

Kerajaan Bali autentik menyimpan sejak bakal periode 9 sangkut mau atas zaman ke 14 masehi.

Pada saat autokrasi Majapahit ambrol, banyak benar rakyat karena Kerajaan Majapahit yang berangkat serta berdiam di mayapada Bali.

Hingga sekarang boleh petunjuk andaikan setengah berlandaskan khalayak Bali dianggap sebagai pewaris lembaga berkat Majapahit.

Penguasa pertama sehubungan Kerajaan Bali bakal waktu itu yakni Sri Kesari Warma Dewa.

Beberapa pelajaran sehubungan Kerajaan Bali ialah:

Prasasti Blanjong.Prasasti Panglapuan.Prasasti Gunung Panulisan.Prasasti-prasasti moral Anak Wungsu.Candi Padas di Gunung Kawi.Pura Agung Besakih.Candi Mengening.Candi Wasan.

15. Kerajaan Kahuripan

Kerajaan Kahuripan maujud di alam n angkasa Jawa Timur yang dulunya didirikan bagi Airlangga di tahun 1009.

Airlangga sendiri sempurna ampu Kerajaan Kahuripan pada tahun 1009 sangkut 1042 masehi.

Di dalam pemerintahannya,  Airlangga berusaha maslahat menyelaraskan sisi belakang pelbagai kerajaan cilik yang sebelumnya tampak di ulang totaliter Kerajaan Medang (depotisme yang sebelum autokrasi Kahuripan).

Keinginan demi Airlangga itu lalu beralih bagai misi terjemahan menguras; serata wilayah dunia Jawa.

Berikut merupakan beberapa amar berkat Kerajaan Kahuripan, kira-kira terpencil:

AirlanggaCandi CuilanCandi JawiBanyu BiruPetilasan AirlanggaCandi JalatundaGua selomangleng

16. Kerajaan Janggala

Kerajaan Janggala lulus boleh sejak perihal tahun 1042, selepas Airlangga terhadap Kerajaan Kahuripan memisah tempat kekuasaannya, bagaikan Kerajaan Janggala serta Kerajaan Kadiri arti diberikan tempat kedua putranya yang saling bertekak.

Kerajaan Jenggala ini boleh punca kota di Kahirapan yang diserahkan pada Mapanji Garasakan. Sementara Kerajaan Kadiri beribukota di Daha yang diserahkan terhadap Sri Samarawijaya.

Sejak pokok perhu-bungan karena dua monarki Minggu esa ini, koneksi senggang jeda Janggala menurut p mengenai Kadiri tidak pernah cocok sera segera terbabit hendak antipati.

17. Kerajaan Lainnya

Adapun beberapa kerajaan Hindu – Budha lainnya yang muncul di Indonesia seolah-olah:

Kerajaan Hindu Buddha di Kalimantan:

Kerajaan Sribangun (Buddha)Kerajaan WijayapuraKerajaan BakulapuraKerajaan Brunei BuddhaKerajaan KuripanKerajaan Negara DipaKerajaan Negara Daha

Kerajaan Hindu Buddha di Jawa:

Kerajaan Sunda Galuh (669-1482)Kerajaan KanjuruhanKerajaan Mataram Hindu

Kerajaan Hindu Buddha di Sumatra:

Kerajaan Malayu Dharmasraya (1183-1347)

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Badan, Penyelidik, Usaha-usaha, Persiapan, Kemerdekaan, Indonesia, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Penjelasan 4 Teori Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia - Tirto.ID

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Penjelasan, Teori, Sejarah, Masuknya, Islam, Indonesia, Tirto.ID

Negara Islam Indonesia - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Negara, Islam, Indonesia, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Puji Tuhan! Ahok Maafkan Teroris Zakiah Aini, Bahkan Balik Mendoakan - Suara Jakarta

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Tuhan!, Maafkan, Teroris, Zakiah, Aini,, Bahkan, Balik, Mendoakan, Suara, Jakarta

Syok! Wanita Ini Temukan Hewan Berkumis Saat Santap Nasi Padang - Berita Hits

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Syok!, Wanita, Temukan, Hewan, Berkumis, Santap, Padang, Berita

Rela Jadi Pengamen Jalanan Demi Keluarga, Tulisan Di Gitar Bikin Mewek - Berita Hits

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Pengamen, Jalanan, Keluarga,, Tulisan, Gitar, Bikin, Mewek, Berita

Driver Ojol Jemput Penumpang Pakai Harley, Publik: Orang Kaya Gabut - Berita Hits

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Driver, Jemput, Penumpang, Pakai, Harley,, Publik:, Orang, Gabut, Berita

Lampung - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Lampung, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Malaysia - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Malaysia, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Istri Geal Geol Di Acara Nikah, Ekspresi Suami Jadi Sorotan Warga - Berita Hits

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Istri, Acara, Nikah,, Ekspresi, Suami, Sorotan, Warga, Berita

Pria Hujan-hujanan Makan Di Atas Tower, Publik Ngeri Tersambar Petir - Berita Hits

Sriwijaya Disebut Sebagai Negara Nasional Pertama Indonesia Sebab : sriwijaya, disebut, sebagai, negara, nasional, pertama, indonesia, sebab, Hujan-hujanan, Makan, Tower,, Publik, Ngeri, Tersambar, Petir, Berita