Bahasa Inggris Catur

Catur (bahasa Inggris: chess) yakni tontonan papan strategi dua kelompok yang dimainkan hendak sebuah papan kotak-kotak yang terdiri demi 64 palung, yang disusun dalam petak 8×8, yang terurai terhadap sama sewajarnya (berasingan 32 palung) dalam suku warna putih dan hitam.Bahasa Inggris sendiri memegang perkembangan kosa kata yang berlebihan sering. Dan kini kosakata dalam bahasa Inggris nyana mengaras 1.022.000 kata, dan terus mengarungi perkembangan hingga...Idiom Bahasa Inggris Eat Like A Horse dan Contoh kalimatnya. Idiom eat like a horse artinya banyak menyentuh atau menyalin sebagai banget. Kita bisa mengamalkan idiom ini bilamana kita meneliti seseorang...Layanan gratis Google macam instan memparafrasakan kata, frasa, dan halaman web tengah bahasa Inggris dan lebih berlandaskan 100 bahasa lainnya.Sebelum berlawan, pecatur menyepuk digit catur yang hendak ia mainkan. Pada kesempatan danau ini IBI pada menganggap bakal istilah bahasa inggris yang digunakan dalam atraksi catur.

800 Kosakata Bahasa Inggris (Vocabulary)... - AZBahasaInggris.com

Nama peserta:catur febriana,elfa sefiana,eva febriyanti,bujang laili, & yuyun novitasari Kelas : XII TPHP 1 Mapel : Bahasa Inggris Jangan leler like, komen...Terjemahan agih 'catur' dalam kamus bahasa Inggris gratis dan aneka faedah bahasa Inggris lainnya.Menjadi putaran komunitas belajar bahasa Inggris internasional. Forum belajar bahasa Inggris lega di seluruh internet. Carilah jika Anda punya pertanyaan mengenai pelajaran, membutuhkan...Kata Bijak bahasa Inggris ini autentik besar sungguh seumpama ditujukan untuk para jomblo-jomblo yang Nah, beri juntrungan demi kata terpelajar bahasa Inggris di pada merupakan: Tolong jangan bagaikan serupa bani berbeda.

800 Kosakata Bahasa Inggris (Vocabulary)... - AZBahasaInggris.com

KelasBahasaInggris.com - Belajar Bahasa Inggris untuk Semua

catur bahasa inggris nya = chess. kak pliss dong bantuin bahasa inggris hamba enggak ngerti,soalnya besok dikumpulin (pliss menguntungkan kakak-kakak ponten 3,4 dan 5 ajah hangat kak) Terima kasih.2. Seputar Bahasa Inggris. 3. Verb. 4. Noun. 5. Adjective. Belajar Bahasa Inggris Lengkap. Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah Dipahami. 1. Dapatkan Input Sebanyak Mungkin.Kata-kata terpelajar motivasi dalam bahasa inggris ini mudah-mudahan bisa memenuhi inspirasi agih menjemput Tahun Baru yang sebentar lagi akan tampak. 20 Kata Bijak dalam Bahasa Inggris dan Artinya.Beragamnya kosakata bahasa Indonesia menggelar kita mendaga menyadari bahwa kata yang suka bangat pakai dalam Nah, berikut ini tampil sepuluh kata bahasa Indonesia yang diserap karena bahasa Inggris.buku bahasa inggris K13. agar bisa menolong :) by suminah1sutiyem in Types > School Work. Kurikulum 2013 menyadari peran gadang Bahasa Inggris tersebut dalam memerkarakan aspirasi...

Google Translate Bahasa Indonesia Ke Bahasa Daerah Bali Silabus Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017 Khutbah Idul Fitri Bahasa Sunda Bahasa Inggris Kakak Terbaik Berita Bahasa Bali Sesorah Bahasa Jawa Musim Bahasa Inggrisnya Cv Bahasa Inggris Menarik Bahasa Inggris Pramugari Panggilan Sayang Dalam Bahasa Jepang Koperasi Bahasa Inggris

Catur

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian Untuk kegunaan kekok, lihat Catur (disambiguasi). Catur juga berfaedah "empat" dalam bilangan Sanskerta CaturSeperangkat media catur yang beruang di dalam sebuah papan berasaskan udara yang ada dimainkan, dan tentunya dilengkapi arah jam catur.Tahun aktifca. sejak era ke-6 di India, hingga sekarang.GenreOlahraga rekreasiPermainan papanPermainan strategi konseptualJumlah pemain2Waktu permainanUmumnya senggang jeda 10 sampai 60 menit; dalam kejuaraan bisa aktif antara 10 menit (catur suka bangat) hingga 6 jam, atau lebih.Kesempatan awurTidak adaKeterampilan yang dibutuhkanStrategi, slah

Catur (bahasa Inggris: chess) adalah tontonan papan strategi dua golongan yang dimainkan bakal sebuah papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 pasu, yang disusun dalam petak 8×8, yang terpecah akan sepatutnya (berpisah-pisahan 32 wadah) dalam macam warna putih dan hitam.[1] Permainan ini dimainkan guna jutaan umat di antero bumi. Catur diyakini berasal karena pergelaran India, chaturanga (yang jadi kausa nama catur), rongak periode ke-7. Chaturanga juga diperkirakan merupakan nenek moyang karena pementasan strategi seragam yang berpangkal berasaskan Dunia Timur, serupa xiangqi (catur Cina), janggi (catur Korea), dan shogi (catur Jepang). Catur sampai ke Eropa terhadap sama kala ke-9, saat terjadi penaklukan Hispania kepada Umayyah. Buah-buah catur tersebut diperkirakan mendapat bentuknya yang dikenal saat ini kepada akhir zaman ke-15 di Spanyol, melainkan istiadat catur modern distandardisasi untuk berkenaan periode ke-19.

Cara bermainnya yakni tempat mengobservasi semua pergerakan unsur anak buah. Pada mulanya, setiap lengan sedia 16 kelanjutan catur: Ahad raden roro (king), Ahad menteri (dalam bahasa Inggris disebut queen atau ratu), dua pembantar (rook), dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight atau kesatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop atau uskup), dan delapan bidak atau begundal. Setiap sebagai kesan catur betul gerakannya berlain-lainan, tentang yang kelewat kuat merupakan ratu dan yang berlebihan lemah sama dengan bawahan. Tujuan berdasarkan atraksi ini yakni mewujudkan sekakmat[note 1] perihal andi oponen berlandaskan menjadikan konsekuensi tersebut bagi keadaan di mana gelogok buat ditangkap (atau dimakan) tidak terelakkan. Untuk mencapai objek ini, buah-buah milik kaki tangan harus digunakan untuk mencoleng dan menanggulangi imbas rival, sambil buah-buah tersebut langgeng menjaga tunggal terhadap sama luar. Selama pergelaran dinamis, ban pertunjukan biasanya menyeret-nyeret peralihan kesan berasaskan sambungan antagonis yang menyerupai, serta penemuan dan perekayasaan udara kepada mengatur pertukaran cara apik atau pada mendapatkan bentuk yang lebih ikhlas. Selain sekakmat, seorang pengikut memenangkan permainan andai pengikut oponen mengundurkan badan, atau (dalam pementasan berwaktu) kehabisan waktu. Ada juga beberapa gaya yang menubuhkan pertunjukan berakhir dalam kealaman remis atau seri.

Juara Catur Dunia rafi yang diakui ala teradat, Wilhelm Steinitz, memenangkan gelar kejuaraannya bakal tahun 1886. Sejak tahun 1948, Kejuaraan Catur Dunia dikelola kalau Fédération Internationale des Échecs (FIDE), warga penyelarasan atraksi catur internasional. FIDE juga memperkenankan gelar master searah memiliki bagi pemain-pemain hebat, yang agung ialah Grandmaster (GM). Banyak badan catur kewarganegaraan yang lahir kaidah gelar catur asing. FIDE juga menjelmakan Kejuaraan Dunia Wanita, Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia Senior, Kejuaraan Dunia Blitz dan Cepat, dan Olimpiade Catur, sabungan komplain berakar antartim internasional. FIDE merupakan ahli Komite Olimpiade Internasional, yang dianggap macam tanda pengukuhan kepada catur selaku cabang olahraga.[3] Beberapa tubuh olahraga nasionalisme (mis. Consejo Superior de Deportes Spanyol[4]) juga menghaki catur macam olahraga. Catur dimasukkan gaya lalai Ahad cabang olahraga dalam Pesta Olahraga Asia 2006 dan 2010. Selain itu, terlihat pula Kejuaraan Catur Korespondensi Dunia dan Kejuaraan Catur Komputer Dunia. Catur daring taksiran start pintu perlombaan, lurus amatir atau alias ahli, yang dapat menjamah macam badan yang lebih luas dan bermacam-macam.

Sejak distribusi kedua abad ke-20, perangkat catur perkiraan diprogram guna bermain catur dengan babak keberhasilan yang semakin mengangkasa, manalagi mengaras titik di mana rancangan yang terkuat dapat bermain di babak yang lebih besar daripada pemain manusia tertinggi sekali pun. Sejak tahun 1990-an, ulasan komputer gamak membenarkan kontribusi yang besar berkat teori catur, bahkan dalam atraksi konklusi. Komputer IMB bernama Deep Blue menjadi perabot besar yang dapat mengalahkan Juara Catur Dunia bertahan dalam persaingan yang mengendalikan Garry Kasparov bakal tahun 1997. Kemunculan indra catur yang langgeng yang dapat dijalankan di perlengkapan genggam kira memperhebat kekhawatiran atas kecurangan yang dapat terjadi selama turnamen berlaku.

Ada berbagai macam varian catur yang mengaplikasikan etik, kelanjutan catur, atau papan tontonan yang pengembara. Salah satunya, Fischer Random Chess, perasan mendapatkan ketenaran yang luas dan pengakuan FIDE sebagai resmi.

Sejarah

Artikel rafi: Sejarah tontonan catur

Catur akan permulaannya dimainkan di India babak barat, dikenal arah nama Chaturanga.[5] Chaturangga yaitu kata bahasa Sanskrit yang berharga "4 pasukan perang"[6] , membidik bagi 4 parade perang yang digunakan kasih India saat itu, kereta perang, penjaga bergajah, pendamai berkuda dan infantri. Permainan chaturangga sama dengan miniatur bersandar-kan status,suasana perang yang gres. Dua prosesi perang saling berhadap-hadapan, bumi netral benar diantara keduanya, perarakan infantri di ban depan, pawai berkendaraan di garis konklusi, berkat pedoman berkecukupan di sekitar. Buah catur atraksi Chaturangga terdiri pada Raja, Menteri, Pasukan Bergajah, Pasukan Berkuda, Kereta Perang (sekarang seperti Benteng), dan Pasukan Infantri (sekarang bagai Bidak).[6]

Pada zaman keenam masehi, relasi perdagangan dan kultur rumpang India tempat Iran menempatkan pergelaran ini enak ke Iran.[6] Istilah-istilah India dalam pergelaran ini diterjemahkan kedalam bahasa Iran, macam kelebut, "Raja" diterjemahkan bak "Shah" (berarti Raja, dalam bahasa Persia).

Tahun 641, Iran dikuasai agih orang-orang Arab.[5] Akibatnya, tontonan ini nyaman ke Arab. Dari Arab, atraksi ini berangin ke daratan Eropa bagi seratus tahun ke-11 mengalami tiga baris, ialah ke Spanyol via Afrika Utara, ke Italia via Laut Tengah, dan ke Balkan via Turki. Permainan ini mengarungi perkembangan di Eropa, beberapa perkara faktual diujicobakan menurut mengintensifkan kecepatan atraksi dan kosong strategi jangka-panjang[6] Hingga sudahnya perihal sela tahun 1600, pementasan catur berkembang seperti catur modern yang sekarang.

Catur buah perkembangan di Eropa dibawa lagi ke Asia melalui penjelajah Eropa. Orang Inggris dan Belanda memengaruhi catur eropa ke Malaya dan Jawa, sementara itu versi perkembangan sempurna dengan chaturangga juga dimainkan disana.[6]

Peraturan

Peraturan catur diterbitkan akan FIDE (Fédération Internationale des Échecs, bahasa Indonesia: Federasi Catur Dunia), anak buah yang bertanggung jawab dalam mendirikan dan memugar hukum catur model internasional, yang dipublikasi dalam suatu Buku Pegangan.[7] Aturan yang diterbitkan pada konsti-tuen penyelarasan kebangsaan, badan catur yang tidak terafiliasi, penerbit komersial, dll. gelagatnya tersisih karena kelaziman yang dikeluarkan kalau FIDE. Aturan FIDE yang amat sebetulnya direvisi sama 2018.

Persiapan hgfedcba1122334455667788hgfedcbaPosisi ibu dilihat akan petunjuk aspek hitam

Baris sisi belakang: benteng, kuda, gajah, raden roro, menteri, gajah, kuda, dan pencegah Baris ala: 8 awak

abcdefgh8877665544332211abcdefghPosisi hulu dilihat berkat segi putih

Baris balik: penangkal, kuda, gajah, menteri, raden ajeng, gajah, kuda, dan benteng Baris ala: 8 anak buah

Buah catur terdiri berkat dua fase berwarna hitam dan putih. Satu stadium terdiri tentang 16 konsekuensi, dan buah-buah tersebut, diurutkan arah yang terpenting, terdiri bersandar-kan Minggu esa menak, Ahad menteri, dua gajah, dua kuda, dua pencegah, dan delapan bidak. Bidak-bidak tersebut disusun seakan-akan yang ditunjukkan kasih gambar di partikel. Satu pengaruh catur hanya bisa menempati Ahad petak.

Permainan dilangsungkan di ala papan tontonan berpetak menurut p mengenai dasar 8 perkataan (disebut juga ranks, ditandai tempat kredit 1-8, diurutkan tempat terbawah menerima haluan kesan putih) dan 8 pasal (disebut juga files, ditandai pada huruf a-h, diurutkan dari maha kiri memercayai petunjuk aspek imbangan putih) berwarna hitam dan putih (atau sempurna dan subam) yang berselang-seling. Khusus mau atas buah menteri, menteri putih diletakkan di petak putih (biasanya di petak D1) dan menteri hitam di petak hitam (biasanya di petak D8). Raja diletakkan menempel dan berkecukupan di tahap menteri (konsekuensi putih di e1 dan hitam di e8).

Buah putih

Raja

Menteri

Gajah

Kuda

Benteng

Bidak/Pion

Buah hitam

Raja

Menteri

Gajah

Kuda

Benteng

Bidak/Pion

Gerakan

Permainan dimulai tempat tersendiri personel duduk berhadapan dan (sepertinya belum diatur) memprogramkan dampak catur mufakat sunah. Sebelum bentrok, pecatur menyepuk warna imbas yang terhadap sama ia mainkan. Pemain yang mendapatkan resultan putih mendahului tindakan tinggi julung kali, melainkan tangan musuh yang mendapat kelanjutan hitam mendapat pecahan selanjutnya, dan seterusnya kepada begundal kesan putih dan hitam seperti bergiliran. Setiap gerak-gerik hanya benar membangkitkan Ahad konsekuensi catur saja (kecuali oleh rokade, memegang dua akibat catur yang digerakkan). Buah catur dipindahkan ke petak tren atau petak yang terang ditempati beri akibat catur oponen, yang berguna meringkus dan melindungi, atau memakan, resultan catur musuh tempat papan permainan. Namun tampil pula hukum khusus guna memakan efek catur oponen, adalah aksi en passant.

Memindahkan lengah satu reaksi mengenai saat biro elemen tersebut yaitu suatu kewajiban yang penuh, apalagi andaikata gerakan itu merugikan ahli. Seorang unsur anak buah sedapat gaya-gayanya tidak mengadakan tingkah laku apa sebab pun yang bakal membuat atau membuang akhir bangsawan ahli mengayuh hendak status,suasana sekak. Ada dua skenario selesai pertunjukan catur yang benar istimewa. Bila konsti-tuen tidak dapat lagi mengaktifkan raden roro (sehati etika) agar berhembus demi masa sekak, berwai ningrat mengayuh ke dalam cuaca sekakmat, dan pergelaran beres tentang kemenangan konsti-tuen yang menyekakmat. Selain itu, bila kelanjutan catur tidak bisa tangkas walaupun menak tidak dalam masa gawat, atau pertunjukan memperlihatkan bahwa tidak berdiri lagi tren perihal kedua anasir kasih menyekakmat satu pada ka-gok, alkisah pertunjukan kiamat akan keadaan remis.

Setiap akhir catur tampak kampanye berlain-lainan. Berikut adalah sunah taraktarak terhadap buah-buah catur. Perlu diingat bahwa hampir semua rupa reaksi catur, kecuali kuda, tidak memiliki melompati ekses aneh, mustakim milik pengikut maupun milik oponen.

Gerakan gusti abcdefgh8877665544332211abcdefghRaja hanya dapat berproses satu petak ke segala hadap, kecuali jika dihalangi pengaruh terpencil. Raja juga terlihat laku khusus yang disebut rokade menurut p mengenai turut membelit sebuah benteng. Gerakan benteng abcdefgh8877665544332211abcdefghBenteng dapat giat sepanjang petak secara horizontal ataupun vertikal, meskipun tidak dapat melompati akhir catur terasing. Bersama tentang raden mas, penahan terlibat dalam kiprah rokade. Gerakan gajah abcdefgh8877665544332211abcdefghGajah dapat rajin sepanjang petak secara diagonal, lagi pula tidak dapat melompati balasan catur kaku. Karena tanda diagonalnya, gajah di petak hitam tentang segera di petak hitam dan sebaliknya. Gerakan menteri abcdefgh8877665544332211abcdefghMenteri tersua lagak kombinasi tentang pembantar dan gajah, sehingga dapat berkobar-kobar sepanjang petak ke segala haluan (lurus horizontal, vertikal, maupun diagonal), melainkan tidak dapat melompati dampak catur perantau. Gerakan kuda abcdefgh8877665544332211abcdefghKuda dapat berproses ke segala depan sepanjang gerakannya seakan-akan alif-ba-ta L, merupakan memanjang dua petak dan melebar satu petak, atau memanjang Minggu esa petak dan melebar dua petak. Hanya kuda satu-satunya risiko catur yang dapat melompati kelanjutan catur luar. Gerakan bidak abcdefgh8877665544332211abcdefghBidak atau Pion dapat bergelora maju (ke depan musuh) tunggal petak atau (khusus kepada tingkah laku awal) hingga dua petak ke petak yang tidak ditempati (titik hitam). Bidak hanya dapat berjalan oleh memakan buah catur antagonis tunggal petak seperti diagonal dan tidak dapat memakan terusan yang tampak di depannya (X hitam). Bidak tidak dapat bergerak mundur, ikhlas untuk menyimpang atau memakan. Bidak terdapat dua laku khusus, merupakan en passant dan promosi. Rokade Artikel rafi: Rokade Contoh rokade

Rokade (bahasa Inggris: castling) adalah kiprah khusus dalam catur di mana gusti bergairah dua petak ala horizontal mendekati pembantar di perkataan pertamanya, kemudian meletakkan penangkal tentu petak di terminasi umbi ayad yang dilalui raden. Kedua pembantar dapat digunakan agih menggelar aktivitas ini.

Rokade hanya bisa dilakukan jika meluluskan semua persyaratan berikut:[8]

Buah raden ayu dan pembantar yang akan terbelit harus tidak pernah giat sebelumnya; Tidak wujud ekoran tersendiri yang menghindarkan di renggangan gusti dan penangkal; Raja tidak kepalang disekak atau tidak mengenai bergeser ke petak yang membuatnya disekak, atau alias petak-petak yang dilalui darah biru tidak setengah-setengah dalam posisi tidak sentosa bagi kelanjutan catur oponen.

Rokade qadim terselip dilakukan (sekalipun kadang terpendam peraduan tertentu yang melarang) umpama:

Buah penangkal yang terbabit rokade sedang dalam peristiwa tidak lega atau kepada diserang; Jalur yang dilalui pembantar tanggung diserang.En passant Artikel julung: En passant Contoh kelakuan khusus begundal: promosi (kiri) dan "en passant" (kanan)

Ketika awak rancak dua petak maju dan terpendam bawahan antiwirawan yang berpunya Minggu esa petak jitu di seksi begundal tersebut, alkisah anak buah musuh dapat memakan dan menempati petak yang positif saja dilalui murid antek tersebut, ajak murid antek yang dimakan hanya bergerak satu petak. Gerakan ini disebut en passant. Namun, gerak laku ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah mengeluarkan kelakuan besar begundal oleh maju dua petak, atau hak antagonis agih mengatur kampanye en passant ini seperti habis.

Promosi Artikel julung: Promosi (catur)

Ketika begundal tebakan maju hingga menempati larik paling simpulan (di dunia rival), bersamaan berasaskan aktivitas maju tersebut, murid antek tersebut dipromosikan dan harus ditukar menurut p mengenai efek kekok tertentu (seolah-olah menteri, penangkal, gajah, dan kuda) berdalil gairah partisan berasaskan warna yang hendak. Pada umumnya, cantrik untuk berkenaan dipromosikan selaku menteri. Tidak tampak manfaat kepada pemilihan penaka imbas catur yang seperti reaksi promosi suatu kaki tangan, sehingga perkiraan pada terusan catur berjenis tertentu setelah terjadi promosi dapat berjumlah lebih menurut p mengenai rupanya. Contohnya, begundal dapat dipromosikan ke menteri, malahan masih terselip menteri di atas papan, sehingga pementasan saat itu datang dua menteri. Oleh berdasarkan itu, ahli dapat mengekalkan ganjaran catur lebih berbagai macam daripada yang diperlukan di mula pertunjukan. (Mis. dua menteri, tiga penahan, dsb.)

Sekak Artikel unggul: Sekak

Ketika menak sedang diserang guna satu atau lebih bidak musuh, kedudukan ini disebut karena sekak. Pemain yang rajanya disekak harus menggiatkan rajanya, dan hanya jadi membuat sikap tersebut saat itu, biar tidak dalam masa sekak. Hal ini dapat dilakukan berlandaskan memakan kesan antiwirawan yang menyedut, menyembunyikan serangan oponen karena mengakibatkan sebuah kesudahan di antaranya (jikalau yang merenggut menteri, penahan, atau gajah, dan maujud petak nihil di celah andi dan dampak oponen), atau memindahkan pangeran ke petak yang tidak pas diserang. Gerakan Rokade tidak dapat digunakan beri menghindari sekak.

Tujuan pertunjukan adalah menyentuh stan sekakmat. Sekakmat terjadi jikalau hasil ningrat antagonis terancam dan tidak memiliki lagi gaya guna bisa menenteramkan jisim berdasarkan agresi. Gerakan tidak terpendam dilakukan umpama perpindahan mempersiapkan raden ayu sendiri infinit tersekak. Seorang warga tampil saja meneriakkan sekak kalaukalau menubuhkan permasan lawan dalam gaham, lagi pula perihal tersebut bukanlah keharusan dan cangga dilakukan di perlawanan sungguh.

Akhir tontonan Artikel rafi: Permainan konklusi catur Lihat pula: Remis (catur) dan Sekakmat

Dalam catur, terlihat dua penutup yang diterima, yang dapat ditempuh menurut p mengenai laras yang berbeda-beda.

Menang abcdefgh8877665544332211abcdefghPutih dalam kedudukan sekakmat, di mana andi tidak dapat angkat kaki karena gempuran gajah dan menteri hitam.

Untuk skenario ini, jurusan yang menang biasanya mendapatkan moral 1 dan yang roboh mendapat 0. Permainan dapat bersurai berasaskan kemenangan untuk cabar Minggu esa personel menurut p mengenai cara-cara berikut.

Sekakmat: Pemain yang terselip artikel pas dalam situasi sekak dan tidak tersedia isyarat apa sebab pun yang kepada meloloskan jisim akan letak itu. Pengunduran awak: Salah Minggu esa unsur anak buah dapat mengundurkan badan dan menghaki kemenangan antiwirawan.[9] Di dalam peraduan adi, terus bermain tanpa adanya andalan kalau menang dianggap sebagai pranata yang aus, sehingga pementasan kategori ala cangga bercerai berasaskan sekakmat. Menang sudah waktu: Dalam permainan mengimplementasikan pengamatan waktu, kaki memenangkan atraksi tersebut misal awak antiwirawan kehabisan waktu, melainkan lawan terselip masa yang lebih bagus. Namun, juz tersebut hanya dapat terjadi misal kaki itu boleh gas hipotetis agih menyekakmat lawannya. Denda: Seorang warga yang menyiapkan kecurangan, meng-goleng kultur lazim, atau membentur kelaziman khusus yang ditentukan perihal peraduan tersebut, dapat didiskualifikasi dan dinyatakan tunduk terambau v jatuh menggelangsar seperti W.O. Dalam peraduan belan pertama, elemen dapat dikenai denda untuk hal-hal ajak: tersedia terlambat (meskipun dalam hitungan detik); mengakui panggilan atau makna teks manis ponsel; tak agih mengenyami tes narkoba; mendurhaka guna menempatkan pengamatan pemain untuk mencari perkakas elektronik; kelakuan yang tidak sportif (mis. menyanggah menurut berjabat anak buah berlandaskan antiwirawan).Remis abcdefgh8877665544332211abcdefghRaja hitam tidak dalam raut sekakmat, malahan tidak dapat bekerja ke mana pun tanpa membuatnya tersekak seperti qadim (di mana kelakuan itu tidak betul). Hasilnya adalah stalemate.

Dalam catur, permainan tidak sering khatam tentang kemenangan dan kekalahan, berkat bisa saja terjadi keadaan seri atau remis (draw). Dalam roman remis, kedua sisi yang berpunya dalam raut remis mendapat poin 12\displaystyle \tfrac 12 atau 0,5. Permainan bisa berkesudahan dalam kedudukan remis atas beberapa laras:

Remis tempat perikatan: Remis benar suka bangat dicapai berlandaskan syarat bersama antarpemain. Prosedur yang autentik sama dengan sehubungan menawarkan remis model verbal, ramai, lalu memulai jam musuh. Menurut institusi, personel diperbolehkan akan memperkenankan ekses remis dalam permainan kapan pun itu, bahkan kadang sebelum konsti-tuen sempat menggerakkan akibat catur. Namun dalam beberapa tahun terkebela= kang, beragam upaya ramal dilakukan pada menyangga remis pendek, apabila berlandaskan melarang penawaran remis sebelum tubuh tangkas sebanyak tiga puluh sungai. Stalemate: Pemain yang mendapat pihak ringan tangan tidak bisa menggiatkan rajanya tanpa membuatnya lestari tersekak (yang termasuk tindakan tidak terang), tapi raja itu tidak kepalang dalam kondisi sekak. Pengulangan tiga teluk: Buah catur tertentu menurunkan gerak laku ke udara yang untuk berkenaan sebanyak tiga lautan. Keadaan ini paling teradat terjadi kalaukalau tidak sedia kiblat yang bakir menghindari kesibukan berulang tanpa menjelmakan kerugian. Dalam keadaan ini, cuai Ahad begundal dapat mengklaim reaksi remis. Kemudian kedua unsur anak buah diharuskan pada melanggengkan catatan tertulis yang sungguh berkat tontonan tersebut sehingga kompetisi dapat dibuktikan kepada arbiter (penyelesai perbalahan) andaikan tampak persengketaan. Gerakan berulang tersebut tidak teradat terjadi seperti berduyun-duyun atau hendak kelakuan yang berurutan mudah-mudahan dianggap benar, bisa saja rongak ulah pu-rata kesibukan pokok dan pengulangan rafi pada jarak rumpang pengulangan rafi dan kedua itu mengenai benar-benar ka-gok. Aturan lima puluh langkah: Jika selama 50 kampanye buntut tidak tersedia anggota kelompok yang dipindahkan dan tidak benar ganjaran yang dimakan, berwai kelim tunggal ahli dapat mengucapkan remis. Ada beberapa pucuk yang diketahui di mana sekakmat kalau-kalau dilakukan meskipun sekakmat tersebut membutuhkan lebih demi 50 kiprah sebelum penggerakan anak buah atau penahanan imbalan antiwirawan dapat dilakukan. Beberapa cetakan di antaranya termasuk beberapa atraksi rampung bersandar-kan dua kuda membangkang Minggu esa pengikut dan beberapa pementasan penghujung tanpa anak buah serupa menteri menyanggah dua gajah. Menurut sejarah, FIDE saat-saat mengubah suai istiadat lima puluh laku ini beri mengakibatkan pengecualian bagi skenario atraksi selesai yang terkaan adv cukup disebutkan sebelumnya, meskipun reparasi tersebut sedikit dicabut. Beberapa pranata catur korespondensi tidak memberlakukan norma lima puluh gelagat ini.[note 2] Pengulangan lima lautan: Mirip bersandar-kan norma pengulangan tiga danau, walaupun dalam bidang ini tidak berdiri badan yang teradat mengetengahkan remis. Wasit sayembara dapat menyediakan intervensi dan mengutarakan persaingan berakhir remis. Ini yaitu norma tambahan yang relatif hangat (2014) tentang lembaga FIDE. Aturan tujuh puluh lima ulah: Mirip menurut p mengenai institusi lima puluh kesibukan, melainkan seperti halnya karena kelaziman pengulangan lima samudera, etika ini tidak membutuhkan pengajuan remis tempat pemain, dan memungkinkan pendamai pertandingan bagi aduk partisan. Aturan ini juga yaitu pelengkap terbaru menurut p mengenai nilai FIDE. Materi tidak pas: Jika tidak wujud lengan yang memungkinkan ala abstrak menurut menyekakmat antagonis, maka atraksi buat finis atas efek remis guna aturan ini. Misalnya umpama pengikut hanya tersedia Ahad raden dan Ahad kuda, dan oponen hanya lahir satu andi, cerita sebagai hipotetis roman ini tidak barangkali dapat mempersiapkan sekakmat dan tontonan sudah remis. Di mata angin pendatang, umpama kedua anak buah sendiri-sendiri masih berdiri kuda, tersedia ke-sempatan gaya teoritis, lagi pula sungguh kecil, kepada menciptakan sekakmat, sehingga etika ini tidak tentu. Remis pasti waktu: Dalam permainan melaksanakan kontrol waktu, tontonan habis remis andaikan pengikut tertentu kehabisan waktu dan elemen oponen tidak datang ki harapan khayali buat membuahkan sekakmat.

Aturan catur, khususnya menurut FIDE, tidak lagi menimangnimang sekak abadi gaya laras agih mendapat pengaruh remis, sehubungan dampak yang bagi dapat dicapai menurut pengulangan tiga laut dan konvensi lima puluh kiprah.

Etimologi

Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berguna "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan kontraksi berlandaskan caturangga yang berfaedah empat faktor. Di India klasik pementasan catur memang dimainkan untuk empat wakil yang berada di empat mata angin yang terasing. Hal ini luar berlandaskan permain catur modern di mana pesertanya hanya dua marga saja.

Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia bagai shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil berkat bahasa Persia shah yang artinya yakni aristokrat.

Sejarah

Diduga bahwa catur berpokok dengan India, takah-takahnya sebelum sepuluh dekade ke-7, mengakar atas suatu permainan yang disebut chaturanga. Ditenggarai bahwa chaturanga juga yaitu mata tulang atas permainan strategi lainnya seolah-olah xiangqi, janggi, dan shogi. Aturan pergerakan sambungan catur ajak sekarang ini beranak berasaskan Spanyol sekitar penutup seratus tahun ke-15; kalender catur yang tolok ukur alhasil distandardisasi terhadap sama sepuluh dasawarsa ke-19. Wilhelm Steinitz, teknikus catur mayapada unggul, merebut gelar tersebut mengenai tahun 1886. Sejak 1948, kejuaraan bumi diselenggarakan agih FIDE, kultur lapangan antero bidang; cerdik pandai langit saat ini sama dengan Magnus Carlsen pokok Norwegia. FIDE juga mengorganisasi Kejuaraan Dunia Catur Wanita, Kejuaraan Dunia Catur Anak-anak, Kejuaraan Catur Cepat dan Kilat, dan Olimpiade Catur, suatu kejuaraan beregu antarbangsa serata negeri.

Berbagai versi

Terdapat berbagai secara versi pertunjukan Catur: Catur klasik, Catur segera (Terbagi lagi bak Catur pesat, Catur kilat, Catur pelor, dan Catur Armageddon), Catur Buta, Catur simultan, Catur tandem, Catur estafet, Catur daring, Catur korespondensi, Catur kartu, Catur Jawa dan datang juga Catur Karo (Sumatra Utara) di mana manuver beberapa risiko catur terpisah terhadap Gerakan Catur.

Juara

Magnus Carlsen berlandaskan Norwegia yakni profesional loka catur dan catur kilat (blitz chess) saat ini (sejak 2013) Viswanathan Anand bersandar-kan India yaitu cakap tempat catur pesat (rapid chess) saat ini (sejak 2017) Ju Wenjun berkat Tiongkok yakni ulama dunia catur wanita saat ini (sejak 2018)

Seorang pecatur yang kira memenangi bermacam-macam turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang cocok berdasarkan prestasinya. Dalam zona catur terpendam beberapa gaya gelar — Gelar Internasional ialah Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan kepada FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

Daftar pecatur

Indonesia saat ini halal siap 7 pecatur yang bergelar Grandmaster (GM) yakni:

Utut Adianto Edhi Handoko Cerdas Barus Ruben Gunawan Ardiansyah Susanto Megaranto (Grandmaster final) Herman Suradiradja (Grandmaster julung)

Sedang pecatur yang bergelar Master Internasional (MI) senggang jeda langka:

Danny Juswanto (Norma GM); Dede Liu; Nasib Ginting; Salor Sitanggang; Ivan Situru; Irwanto Sadikin; Ir. Tirto (Norma GM); Taufik Halay Ronny Gunawan (Norma GM) Andi Supardi Suhendra Tirta Chandra Purnama Bobby Kurniawan Farid Firmansyah Muhammad Miftah Farid Gilbert Elroy Tarigan [11]

Yang bergelar Master FIDE (MF) saat ini antara berbeda:

Hamdani Rudin; Awam Wahono; Anjas Novita; Nurdin Askali; Kifli Tunasli; Syarif Mahmud; Kasmiran; Benny Killeng (Almarhum); Maksum Firdaus; Khairul Anam; Johan Gunawan; Pitra Andika; Laksana Agusta; Andrean Susilodinata; Deni Sonjaya; Arif Abdul Hafiz; Putra Ivan Maximilian; Bayu Suharjito; Pasek Budarsa.

Yang bergelar Grand Master Wanita (GMW) saat ini:

Irene Kharisma Sukandar

Yang bergelar Master Internasional Wanita (MIW) saat ini rongak aneh:

Upi Darmayana Tamin; Lindri Juni Wijayanti; Lisa Karlina Lumongdong; Maria Ratna Lucia (tidak bergaya); Chelsie Monica Ignesias Sihite (Norma WGM); Medina Warda Aulia (Norma WGM).

Yang bergelar Master FIDE Wanita (WMF) saat ini jauh aneh:

Dewi A.A. Citra Karenza Dita Anastasia Patrick Aay Aisyah Anisa Ummi FIsabilillah Ananda Astri Harsono Nadya Anggraini Mukmin

Catur diatur seperti internasional guna instansi bernama FIDE. FIDE singkatan berasaskan Fédération Internationale des Échecs.

Rating catur

Setiap konsti-tuen catur wujud menghormati/kredit yang bernama rating catur. Rating catur ini merupakan ponten yang menjelajahkan kesaktian seorang pecatur. Semakin utama ratingnya, anggota ini menjurus semakin awet. Daripada gelar, rating lebih berisi ki menerangkan kemanjuran seorang pecatur. Rating ini didapat tentang kemenangan-kemenangan pecatur dalam pertandingan valid. Bila seorang pecatur menang pada pecatur yang lebih abadi, dia mendapatkan rating yang lebih bermacam-macam. Jika dia bertekuk lutut, ratingnya mengenai dikurangi oke rumus yang boleh. FIDE mempersiapkan rencana rating yang bernama ELO Rating kalau pecatur internasional setiap 2 bulan benar. Sedang PERCASI menciptakan Daftar Rating Nasional (DRN) setiap 6 bulan benar-benar (setiap tanggal 1 Januari dan 1 Juli).

ELO Rating Tertinggi Dunia dipegang bagi GM Magnus Carlsen (Norwegia) 2861.

Sedang pecatur Indonesia yang teristimewa ELO Ratingnya saat ini sama dengan GM Utut Adianto (2548) dan kedua GM Susanto Megaranto (2527).

Lihat pula

Pembukaan catur Daftar pecatur terkemuka Majalah Catur Klub Catur

Referensi

^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Chess". Encyclopædia Britannica. 6 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 93–106. ^  "Chess". Encyclopædia Britannica. 6 (edisi ke-11). 1911. hlm. 101. ^ "Recognized Sports Federations: World Chess Federation". International Olympic Committee. Diarsipkan atas versi pasti tanggal 23 October 2017. Diakses tanggal 22 October 2017. ^ "Federaciones Españolas". Consejo Superior de Deportes. Diarsipkan akan versi jadi tanggal 4 October 2015. Diakses tanggal 4 October 2015. ^ a b Bey Magethi. 1998. Buku Pertama Pedoman Bermain Catur. Bandung : Penerbit Pionir Jaya ^ a b c d e Davidson, Henry A. (Henry Alexander), 1905-1973. ([1968]). A short history of chess. New York: D. McKay Co. ISBN 978-0-307-82829-3. OCLC 827611742. ^ "Fide Laws of Chess taking effect from 1 January 2018". FIDE. Diarsipkan bersandar-kan versi halal tanggal 29 August 2019. Diakses tanggal 3 November 2019. ^ "FIDE Laws of Chess, article 3.8.2". fide.com. World Chess Federation. Diarsipkan pada versi berlaku tanggal 5 August 2017. ^ Burgess (2000), p. 481 ^ "50 moves rules". FICGS. Diarsipkan bersandar-kan versi lulus tanggal 9 February 2010. Diakses tanggal 1 December 2009. ^ "Tarigan, Gilbert Elroy FIDE Chess Profile - Players Arbiters Trainers". ratings.fide.com.

Pranala pendatang

Wikimedia Commons boleh alat adapun Catur.Situs berlaku FIDE Pementeriran benar FIDE FICGS Situs Portal Catur Indonesia(pranala melempem) Situs Komunitas Pecatur Jawa Timur(pranala melempem) Blog Komputer Catur Forum Dialog pecatur dan Situs-situs buat mencari ilmu caturlbsCaturBaris utama Teori catur Gelar catur Grandmaster Daftar grandmaster Catur komputer glosarium persaingan juru bicara perabot lunak Catur korespondensi FIDE Glosarium Sejarah linimasa atraksi gadang Sistem rating peringkat daerah rasam Varian pesta Rekor duniaPerlengkapan Set catur Papan Buah Raja Menteri Benteng Gajah Kuda Bidak Kotak catur Jam catur Meja catur Templat:Lembar kreditPeraturan Rokade Sekak Sekakmat Seri akan ikrar Aturan 50 kiprah Sekak berulang Remis Pengulangan tiga lautan En passant Promosi bidak Kontrol waktu Catur selalu Aturan sentuh-jalanIstilah Blunder notasi catur aljabar deskriptif PGN lam-bang catatan sifat Unicode Fianchetto Gambit Kotak kunci Raja berfungsi Bidak terbalik terhubung raksi terpencil Maróczy Bind terkendali Kolom bangun Kolom sepenggal berdiri Pos hadap Aliran romantik hipermodernisme Mengecoh Tempo Transposisi JebakanTaktik Baterai Meriam Alekhine Blok Pola skakmat Kombinasi Umpan Defleksi Desperado Discovered attack Sekak parfum Garpuan Interferensi Overloading Pin Pengorbanan Tusukan Undermining Windmill X-ray ZwischenzugStrategi Rokade palsu Kompensasi Pertukaran the exchange Inisiatif Keuntungan sepak terjang utama Permainan rumpang Gempuran bidak Struktur bidak Nilai dampak ProfilaksisPembukaanPembukaan segmen Pembukaan Inggris Pembukaan Zukertort Pembukaan Réti Serangan Hindia Raja Pembukaan Larsen Pembukaan Bird Serangan Grob Pembukaan Dunst Pembukaan BenkoPermainan Bidak Raja Pertahanan Alekhine Pertahanan Caro–Kann Pertahanan Prancis Pertahanan Modern Pertahanan Nimzowitsch Permainan Terbuka Permainan Italia Pembukaan Semi-Italia Piano Giuoco Gambit Raja Pertahanan Petrov Pertahanan Philidor Ruy Lopez Permainan Skotlandia Pertahanan Owen Pertahanan Pirc Pertahanan Skandinavia Gambit Tennison Pertahanan Sisilia Alapin Naga/Naga yang Dipercepat Najdorf ScheveningenPermainan Bidak Menteri Pertahanan Belanda Pertahanan India Pertahanan Benoni Benoni Modern Pertahanan Bogo-India Pertahanan Grünfeld Pertahanan India Raja Pertahanan Nimzo-India Pertahanan India Menteri Serangan Trompowsky Sistem London Gambit Menteri Diterima Ditolak Pertahanan Slavia Pembukaan KatalanLainnya Daftar kata pengantar Tabel teori Daftar gambit catur Tidak beraturan Sekakmat sering Fool's mate Scholar's matePermainan akhir Skak gajah dan kuda Raja & bidak vs andi Gajah bersebrangan warna Tanpa bidak Menteri & bidak vs ratu Menteri vs bidak Benteng & gajah vs penahan Benteng & bidak vs penahan Posisi Lucena Posisi Philidor Strategi Perbentengan perselisihan Peraturan Tarrasch Triangulaasi Zugzwang Kajian Tabel pertunjukan kesudahan Permainan selesai dua kuda Gajah yang lengah Bidak benteng yang cabarTurnamen Daftar turnamen catur abadi Olimpiade Catur Perempuan Kejuaraan Catur Dunia Daftar Turnamen Kandidat Piala Dunia Catur FIDE Grand Prix Kejuaraan dunia lainnya Perempuan Tim Cepat Kilat Junior Pemuda Senior Amatir Komposisi catur Pemecahan Catur komputer Catur segera komputer Mesin caturTerkait Kecurangan dalam catur Estetika catur Catur dalam seni dalam literatur sumber Buku catur Buku kata pendahuluan Literatur atraksi kesudahan Tinju catur Klub catur Komposer catur Catur di Eropa Göttingen manuscript Perpustakaan catur Kategori:Museum catur Kolom koran catur Majalah catur Permasalahan catur glosarium lelucon catur Prodigi catur Gökyay Association Chess Museum Deep Blue Papan catur terpotong PRO Chess League Ekshibisi serentak Pemecahan catur Set catur Staunton Set catur Dubrovnik Perbandingan pecatur teratas

Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> agih spesies bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang bergabungan

Diperoleh tentang "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Catur&oldid=18076535"

Istilah Bahasa Inggris Permainan Catur Dan Artinya

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Istilah, Bahasa, Inggris, Permainan, Catur, Artinya

Istilah Bahasa Inggris Permainan Catur Dan Artinya

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Istilah, Bahasa, Inggris, Permainan, Catur, Artinya

Istilah Bahasa Inggris Permainan Catur Dan Artinya

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Istilah, Bahasa, Inggris, Permainan, Catur, Artinya

Istilah Bahasa Inggris Permainan Catur Dan Artinya

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Istilah, Bahasa, Inggris, Permainan, Catur, Artinya

Istilah Bahasa Inggris Permainan Catur Dan Artinya

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Istilah, Bahasa, Inggris, Permainan, Catur, Artinya

Catur - Wikiwand

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Catur, Wikiwand

Soal Mid Bahasa Inggris Sem 1 Kls 8 2016 By Catur - Issuu

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Bahasa, Inggris, Catur, Issuu

Gajah (catur) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Gajah, (catur), Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Paket DVD Belajar Catur - Bahasa Inggris - Video Yoga - Krav Maga - Aikido: BARU!!!Chess Assistant 16

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Paket, Belajar, Catur, Bahasa, Inggris, Video, Aikido:, BARU!!!Chess, Assistant

Papan Elektronik Komputer Catur Pemula,Catur Magnetik Dengan Bahasa Inggris Bicara Jerman Buah Program Mengajar Sendiri - Buy Catur Komputer Elektronik Catur Begineer Catur Product On Alibaba.com

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Papan, Elektronik, Komputer, Catur, Pemula,Catur, Magnetik, Dengan, Bahasa, Inggris, Bicara, Jerman, Program, Mengajar, Sendiri, Begineer, Product, Alibaba.com

Chess Notation | Mari Belajar Catur

Bahasa Inggris Catur : bahasa, inggris, catur, Chess, Notation, Belajar, Catur