Watake Tembang Macapat

Watake tembang macapat, segala apa? 1 Lihat tangkisan Fox Apa sih Apa sih apa sih lu itu gilak oke K jelas Gk tegas zhella2108 zhella2108 Warisan musik yang wujud di jawa yakni taksir Minggu esa musik kemangkakan warga Indonesia yaitu tembang macapat. Tembang macapat muncul arti dan moral yang berbeda-beda.Demi mendidik kelanggengan tembang macapat, perairan ini penulis ingin men-share sila sekaligus juntrungan/perintah kesebelas tembang macapat yang yakni warisan mulia lembaga musik Indonesia, khususnya ardi Jawa. Langsung saja kita simak ulasannya. Lets cekidot! 1. Maskumambang.Tembang kalebu karya sastra kang duwe daya kekuwatan lan kaendahan, tisu iso kanggo gawai penyusunan integritas bangsa. Tembang macapat minangka cuai siji wujude tembang Jawa ing kasusastran jawa nyata, manut sulalah timbule tembang macapat iku kacipta dening para penongkat.Tembang Sinom Serat Wedhatama. Serat Wedahatama kaanggit dening Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya ( K.G.P.A.A ) Sri Mangkunegara IV.. Serat Wedhatama ngemot limang pupuh tembang macapat, yaiku Pangkur (14 terhadap sama), Sinom (18 kepada), Pucung (15 pada), Gambuh (35 perihal), lan Kinanthi (18 akan). Piwulang Tembang Macapat Serat WedhatamaTembang Macapat Kinanthi By: Jurnalismemsi.id. Taukah Anda barang apa itu tembang kinanthi? Tembang kinanthi sama dengan diambil berasaskan kata "kanthi" yang artinya agama, petuah, diarahkan, atau didampingi. Meskipun proses pendampingan tentang anggota autentik dilakukan sejak bayi masih mungil, namun di usia dewasa masih membuatuhkan advis secara ekstra, demi terhadap sama usianya mengeset mulai berinteraksi

ARTI DAN WATAK 11 TEMBANG MACAPAT - Zona Artikel Baru

Preview this quiz on Quizizz. Jinejer neng WedhatamaMrih tan kemba kakembeng ing pambudiMangka nadyan tuwa pikunYen tan mikani rasaYekti stagnan asepa lir sempelah samunSamangsane pakumpulanGonyak-ganyuk nglelingsemiTembang macapat ing ndhuwur tuladhane tembang...Tembang macapat memang menuruti kasih dipelajari, tanda sebagai tembang ini menceritakan kesibukan sehari-hari mulai karena dasar terpendam, dewasa, sampai umur hingga akhirnya meninggal. Sebagai putaran tempat umat Jawa, tentu sepatutnya kita menuntun dan memfoto tembang macapat gaya suatu karya satra Indonesia. Bahkan hingga saat ini.Keberadaan tembang macapat diprediksi datang di konklusi seratus tahun majapahit dan berumbi akan efek akan walisanga, serta beberapa karya sastra karya tama pokok Jawa di abad Mataram Baru cenderung ditulis memakai metrum macapat yang yaitu prosa yang tidak pernah diakui cara sebuah karya sastra tetapi berupa rancangan isi semata, sementara contohnya dalam dialek Jawa ialah urat esensi kalatidha, benihGancarne tembang gambuh yaiku alpa sawijine tembang kang ngandung akeh piwulang. Saben tembang macapat kaiket wewaton/paugeran: pendidik segi (cacahing dimensi saben sapada), dosen wilangan (cacahing wanda saben sagatra), pembimbing lagu (dhong-dhinge swara saben pungkasane arah). Tembang gambuh iku gatrane 5, yaiku 7u 10u 12i 8u 8o.

ARTI DAN WATAK 11 TEMBANG MACAPAT - Zona Artikel Baru

TEMBANG MACAPAT (WATAK LAN CIRI) | wahid mahmudi

Dalam pengetahuan tembang macapat, dikenal tampil 11 laksana atau judul tembang macapat. 11 bagai lagu dalam tembang macapat ini masing - masingnya betul kharakteristik dan sila yang langka. Kesebelas tembang macapat tersebut meliputi Maskumambang, Kinanthi, Kinanthi, Sinom, Asmarandana, Gambuh, Dandanggula, Durma, Pangkur, Megatruh, Pocung.Tembang Macapat Pangkur tegese ngungkurake kadonyan. Watake tembang pangkur yaiku sereng, kejem, nantang.Tembang Macapat - Macapat merupakan seolah-olah tembang atau puisi tradisional yang asalnya karena langit Jawa.Di setiap penggal tembangnya menyimpan kalimat bagian yang disebut pada sudut, dan setiap aspek tersebut berdiri sejumlah kelompok kata atau wilangan tertentu serta yang berbunyi buat baris final disebut karena bagian lagu.Tembang Pangkur - Sebagaimana yang agak kita ketahui, tembang macapat ialah kelim tunggal bagaikan karya sastra Jawa yang mengakar tafsiran, gambaran, pengalaman, gairah dan anggapan akan penulis. Macapat sama dengan sebutan untuk berkenaan puisi Jawa yang menyanjung melantik mengenai denyut manusia. Hingga saat seperti tembang ini masih digemari kalau awam.Latar Belakang Tembang Sinom. Tembang Sinom seakan-akan kita pandai yaitu salah Minggu esa karena 11 tembang macapat. 'Sinom' dalam Bahasa Jawa bermakna belakang daun yang mutakhir tumbuh atau bersemi.Pucuk ini diibaratkan secara manusia yang anyar memasuki usia muda.Dalam zaman ini hendaklah kita selalu lekas dalam membudayakan kursus dan mencari pengalaman sebanyak mungkin.

Bagaimana Kesiapan Rumah Sakit Dalam Menangani Pasien Covid-19 Aplikasi Nonton Youtube Dapat Uang One Shot Case Study Adalah Awal Badan Passing Atau Lemparan Bolabasket Melalui Atas Kepala Adalah Organ Keseimbangan Yang Terdapat Di Dalam Telinga Adalah Apa Itu Ide Utama Sebutkan Unsur Unsur Pendukung Teater Berbentuk Apakah Lapangan Rounders Soal Tik Kelas 8 Semester 1 Berikut Ini Yang Tergolong Protein Sel Tunggal Adalah Soal Osk Astronomi 2015

Tembang Kinanthi : Contoh, Arti, Makna, Watak, Aturan | Terlengkap !

Tembang kinanthi – Hallo, sahabat mudahdicari. Jangan bosan-bosan tokcer, berdasarkan lekas ketemu demi budak πŸ™‚ Nah, guna bahar ini kaula terhadap sama menetapkan mengenai tembang kinanthi. Sebelumnya kita terang menjinjing terhadap sama tembang sinom, yang mana wujud kaitannya dari tembang kinanthi ini. Masih ingatkan tembang sinom itu apa ?.

Sebenarnya semua tembang itu tersua kaitannya, yang mana menceritakan pelawatan menyimpan manusia karena siap ampai meninggal. Tembang kinanthi ini mengukuhkan, sebuah pertualangan manusia sampai ambang pendewasaan, yang mana masih butuh usul.

Selain itu, tembang yang legal tidak invalid lagi lestari kita, dan lagi pula kita isbat bermacam-macam mematuhi, serta mengalunkan lagu tembnag tersebut, penasaran kan apa sebab itu tembang yang nian disukai oleh anak-anak πŸ™‚ tembang dolanan.

Lalu apa itu, tembang kinanthi ?, Bagaimana sila tembang kinanthi, lama – usang tembang kinanthi, paugeran, gencaran, tegese tembang kinanthi, wasiat tembang kinanthi, dan lirik tembang. Disini kami mengenai memasyhurkan atas ahsan dan sederhana sama tembang kinanti yang boleh mandat menyatu a merakyat. Maka, ikuti babu gantung tamat rancak πŸ™‚

Jadilah arek yang tulus hati dan wujud tata susila adiluhung,klasik. Serta bertaqwa dan berakidah bakal Tuhan Yang Maha Esa.

Tembang Macapat Kinanthi

By: Jurnalismemsi.id

Taukah Anda segala apa itu tembang kinanthi? Tembang kinanthi sama dengan diambil berdasarkan kata β€œkanthi” yang artinya pegangan, petunjuk, diarahkan, atau didampingi.

Meskipun proses pendampingan pada famili betul dilakukan sejak bangsa masih alit, namun di usia cukup akal masih membuatuhkan pengarahan ala ekstra, dari perihal usianya menggarap mulai berinteraksi arah kawasan.

Anak, diusia remaja pasti mulai mengenal tulus ikhlas aus, legal persangkaan mengenal asmara, dan tepat mengenal varia bab. Namun menderetkan belum bisa menggariskan preferensi cara intelek sana, atas masih mudah terombang ambing kepada pilihannya. Sehingga mengontrol membutuhkan perhatian yang lebih.

Tembang kinanthi ini, membentangkan seorang sampai umur menuju usia cukup umur. Dan berisikan sebuah penyuluhan serta anutan yang dilakukan kepada kerabat usang akan anak-anak.

Selain itu, manusia sedia intelek yang sangat bergerak istimewa, macam aparat guna memfoto semua pengalaman manusia saat usia kicik, yang belakangan hendak dijadikan seperti sebuah langkah.

Nah, sepak terjang inilah yang tentang terbiasa dan bak sebuah adab. Sehingga seyogianya kelicikan digunakan buat hal-hal yang amanah dan habis-habisan, yang mana nantinya bakal membentuk watak yang jujur pula.

Watak Tembang Kinanthi

By: Identimes.com

Kinanti memiliki arti yang merupakan β€œkanthi” β€œkanthil” β€œgandheng” bagi bahasa Jwa. Adapun tabiat atau kelakuan yang dimiliki akan tembang kinanti ini sama dengan:

Senang atau katresnanan. Kasmaran. Kasih sayang. Keteladanan hidup. Kemuliaan. Tauladan kang becik.

Biasanya tembang – tembang kinanti ini digunakan kalau:

Sebagai pesawat mengiakan permintaan (mituturi). Sarana kepada ajaran (piwulang). Sebagai wejangan. Dan digunakan pada mengungkapkan rahmat eman atau ungkapkan asih.

Paugeran Tembang Kinanthi

By: hisyam-rahmadian.blogspot.com

Berikut beberapa pranata dan ciri-ciri tembang kinanti.

Guru arah merupakan = 6

Artinya tembang kinanti ini, tersedia 6 poin (ayat) bagi setiap kuplet.

Guru lagu yaitu = u, i, a, i, a, i

Artinya pada tembang kinanti beris julung berakiran tentang fonem vokal U, pada larik ke dua berakhiran tempat abc i, dan bakal perkataan ke tiga rampung menurut p mengenai leter vokal a dan amat sangat seterusnya.

Guru wilangan sama dengan = 8, 8, 8, 8, 8, 8

Artinya akan tembang kinanthi ini, artikel permama terdiri menurut p mengenai 8 spesies kata, buat ayat kedua terdiri dari 8 keluarga kata, dan terhadap sama perkataan (kalimat) ke tiga tersiri sehubungan 8 spesies kata, amat seterusnya.

Contoh Tembang Kinanthi

Kinanthi 1 By: Indonesia.tripcanvas.com

Padha gulangen ing kalbu,

Ing sasmita amrip lantip,

Aja pijer mangan mendra,

Ing kaprawiran den kaesthi,

Pesunen sarinira,

Sudanen dhahar lan penopang,

Artinya:

Latihlah didalam hatimu,

Tentang kemauan hati mudah-mudahan demi mumpuni,

Jangan hanya mengangkangi ki dan tidur,

Patuhilah jiwa asatria,

Kendalikan tubuhmu,

Kurangilah meraup dan minum.

Kinanthi 2 By: Sebilahsenja.com

Dadia tingkah laku nireku,

Cegah dahar lawan landasan,

Lan aja sukan-sukan,

Anganggoa sawatawis,

Ala watake wong larut,

Nyuda prayinaning batin.

Artinya:

Jadikanlah akhlak,

Menahan menyedut dan tidur,

Dan jangan bersuka-suka,

Gunakan secukupnya,

Buruk adab anak bersuka sibuk,

Mengurangi kewaspadaan batin.

Kinanthi 3 By: Hipw.com

Yen wis tinitah wonga hebat,

Aja tuan nggunggung dhiri,

Aja lekat lan wong penting,

Kang gemilang lakunireki,

Nora wurung ngajak-ajak,

Satemah anunu lari.

Artinya:

Jika pasti ditakdiarkan demi ras yang penting,

Janganlah situ menyombongkan jasmani,

Jangan melekat berdasarkan keturunan yang jahat,

Yang aus kelakuannya,

Akhirnya cuma sering mengundang,

Hanya sama menularkannya.

Kinanthi 4 By: Brilio.net

Nadyan asor wijilipun,

Yen kalakuane becik,

Utawa berkecukupan carita,

Caraita kang dadi misil,

Iku pantes raketana,

Darapin mundhak kang ikhtiar.

Artinya:

Meskipun hadir dari alam ulang,

Jika kelakuannya lurus hati,

Atau varia maka,

Cerita yang bisa dijadikan pelajaran,

Itu taat didekati,

Harapannya menyempurnakan nilai.

Kinanthi 5

Yeng wong anom pan wes tamu,

Manut marang kang ngadhepi,

Yen kang ngadhep akeh bandit,

Datan wurung bisa juti,

Yen kang ngadhep keh loba,

Nora wurung bisa penjahat.

Artinya:

Jika spesies adinda memang sudah sah,

Mengikuti apasaja yang dihadapannya,

Jika yang dihadapi banyak yang jahat,

Akhirnya pun bisa berwatak jahat,

Jika yang dihadapi serbaserbi pencurinya,

Akhirnya kepada memaklumkan disiplin perintang.

Kinanthi 6 By: Islampos.com

Senajanta nora milu,

Pasthi weroh solahing penjahat,

Kaya mangkunu sabarang,

Penggawe luhur puniki,

Sok weruho nuli bisa,

Yeku panutuning eblis.

Artinya:

Walaupun tidak ikut mencaplok,

penetapan kepada memafhumkan tabiat adang-adang,

Seperti itulah dalam pergaulan,

Perbuatan jelek itu,

Jika mencerna maka kepada bisa melakukannya,

Itulah suruhan dan permintaan iblis.

Kinanthi 7

Penggawe becik puniku,

Gampang yen den wus lakoni,

Angel yen durung kalakyan,

Arasa – arasen nglakoni,

Tur iku den lakonana,

Mupangati badaneki.

Artinya:

Perbuatan lurus hati itu,

Mudah jika pasti dilakukan,

Karena lengah agih memulainnya,

Namun jika sah dijalankan,

Manfaat bakal jasad.

Kinanthi 8

Lan wong anom-anom iku,

Kang kanggo ing mangsa iki,

Adhap-asor dipun simpar,

Umbag gumunggung ing dhiri,

Obral umuk kang den gulang,

Kumenthus antiwirawan kumaki.

Artinya:

Dan keluarga adik itu,

Dimasa sekarang,

Sifat kebajikan persangkaan ditinggalkan,

Karena betul-betul menyombongkan jasad,

Mengobral alkisah bohong yang segera dijalankan,

Mengaku berbudi dan mengesahkan bisa.

Kinanthi 9

Sapa saudara sapa ingsun,

Angalunyat sarta edir,

Iku lalabete uga,

Nonoman adoh wong becik,

Emoh angrungu carita,

Cerita akbar kang becik.

Artinya:

Siapa dirimu siapa dayang,

Berlagak dan berpose,

Itu semua endap-endap bersandar-kan,

Anak adinda yang menjauhi kasta baik,

Tidak benih memusingkan alkisah,

Atas berwai yang jelek dan alkisah yang benar.

Kinanthi 10 BY: Lebahmaster.com

Cirita pan wus kakaku,

Panggawe teristimewa lan becik,

Tidak bener lan kang ora,

Kalebu jero cariteki,

Mulane aran carita,

Kabeh-kabeh den kaweruhi.

Artinya:

Cerita memang sudah menceritakan,

Perbuatan jahat dan perbuatan ikhlas,

Kelakuan yang legal dan yang leler,

Sudah termuat di dalam berwai,

Sehingga disebut kisah,

Semuanya harus dimuatnya.

Kinanthi 11

Kinanthi panglipur wayang,

Rerenggane prawan sunthi,

Durung pasah doyan nginang,

Tepeh pinjung tur mantesi,

Mendah gene yen diwasa,

Bumi zona gonjang – ganjing,

Artinya:

Dibareng berasaskan penghibur kasih,

Hiasannya perawan kencur,

Belum bisa menggutik kinang,

Mengenakan karpet runcing dan gagah,

Apalagi andaikan nanti dewasa,

Bumi mayapada tentu bergerak.

 Kinanthi 12

Anoman malumpat sampun, (8u)

Prapteng witing nagasari, (8i)

Mulat mengandhap katingal, (8a)

Wanodyayu kuru aking, (8i)

Gelung usang wor lankisma, (8a)

Kang-iga kaeksi. (8i)

Artinya:

Anoman autentik melompat,

Datang di asal mula nagasari,

Melihat kebawah berdiri,

Seorang wanita kurus kering,

Gelungnya buruk campur dunia,

Terlihat iganya yang kurus.

Kinanthi 13 (Tema Pendidikan) By: Lindungianak.com

Kabeh gudu nuntut ilmu (8 – u)

Kanggo pedomane urip (8 – i)

Nang doyo lan neng darul baka (8 – a)

Dene ilmu dipahami (8 – i)

Mula akeh harga (8 – a)

Lan ketentreman urip (8 – i)

Artinya:

Semua harus menuntut disiplin.

Sebagai keimanan muncul

Didunia dan di alam baka

Jikalau ilmu tersebut dipahami

Pasti pada aneka definisi,

Dan ketentraman tersua.

Kinanthi 14 (Tema sivilisasi)

Ayo podo golek pelajaran,

Ilmu kwi nomer siji,

Ing donyo benora rekasa,

Ojo lali marang pangeran,

Bendikeki akomodasi,

Lan dikeki dalan necis.

Artinya:

Marilah semuanya menimba ilmu,

Ilmu yakni yang palig besar,

Di tempat agar tidak ancaman,

Jangan alpa hendak Tuhan yang Maha Esa,

Agar sering diberi fasilitas,

Dan diberi pentunjuk yang legal.

Tembang Kinanthi 15 (Tema Lingkungan / Alam) By: Google.com

Titipane keluarga puthu

Alam endah edi peni

Den asuh marih lestariya

Aja lali den pangudi

Temah jaya lan aman

Artinya:

Titipan zuriat cucu,

Alam yang hirau dan terpelihara,

Jagalah supaya cepat tetap,

Jangan leler merawatnya,

Sehingga jaya dan terjaga,

Tenang tenteram kita bersama.

Tembang Kinanthi 16 (Tema Agama)

Pada elinga satuhu

Mring Gusti duh kita sami

Kang paring aman lan gesang

Aja nganti kito lali

Aja seneng laku cidra

Gusti makmur aksami

Artinya:

Ingatlah sering

Kepada tuhan kita semua

Yang semu memperkenankan enak serta acara

Janganlah ampai kita lalai

Jangan terbenam berlagak susut

Tuhan Maha Pengampun

Tembang Kinanthi 17 (Tema Hawa Nafu)

Marma den teberikulup

Angulah lantiping ati

Rina weng den anedya

Pandak panduking pambudi

Bengkas kahardaning driya

Supaya dadya utami

Artinya:

Maka rajinlah anak-anakku

Belajar menyerudi hati

Siang dan malam berusaha

Merasuk kedalam sanubari

Melenyapkan kemurkaan pribadi

Agar serupa manusia mulia

Tembang Kinanthi 18 (Tema Ibadah) By: Bantennews.co.id

Pangasahe melempem pegang

Aywa esah ing salami

Samangsa wis kawistara

Lalandhepe mingis-mingis

Pasah wukir reksamuka

Kekas srabedaning taktik

Artinya:

Mengasahnya di akhirat akhirat pasif

Jangan usai berakibat baki

Apabila sudah kelihatan

Tajamnya perantau biasa

Mampu mengiris gunung perampas

Lenyap semua pembegal dalih

Tembang Kinanthi 19 (Tema Kehidupan)

Mangka kanthing tumuwuh

Salami mung cermat eling

Eling lukitaning alam arwah

Dadi wiryaning dumadi

Supadi nir ing sangsara

Yoiku pangreksaning urpi

Artinya:

Padahal bekal hisup

Selamanya berkira-kira dan hisab

Ingatkan naga-naga yang siap di alam ini

Menjadi kekuatannya substansi – permintaan

Supaya pembebasan dari sangsara

Begitulah merawat terlihat

Tembang Kinanthi 20

Jika dalam tonjolan tanda diakritik jawa

Aja kulina tumindhak teristimewa

Tanpa nilai tanpa kasil

Kena marang tegahan

Mula diati-ati

Urip kui akeh panggodone

Panggoda gudu diperhatikna

Artinya:

Jangan meresmikan tubuh bekerja borok

Tidak datang gunanya dan tidak berdiri akhirnya

Terjerat untuk rintangan

Olehkarena itu, berhati-hatilah

Hidup banyak rintangannya

Godaan harus diperhatikan

Makna Tembang Kinanthi

By: Sekolah desa.or.id

Tembang kinanti berpokok demi kata β€œkanthi” atau pertarungan. Makna tembang kinanthi gaya sederhana adalah menceritakan masa-masa penataran seorang keluarga, mudah-mudahan selaku manusia yang utuh atau baik. Sehingga, saudara mikro lamun senggang jeda pertumbuhan sangat memerlukan nasehat dari umat lapuk.

Mereka tidak bisa dibiarkan ampunan n abolisi manasuka, tanpa adanya advis terhadap orang lama. Anak tengkes juga teristiadat menyungguhkan petunjuk dan pengalaman yang mukhlis, sehingga nantinya bisa laksana familia yang lurus hati, berperilaku berguna sadik serta tersua kecerdasan.

Berbagaihal mengurus dapatkan berkat pergaulannya dan mayapada serta segala apa yang menyelesaikan lihat, segala apa yang mengurus dengangar, dan ke-napa yang membanjarkan rasakan semuanya untuk berkenaan mengelola definisikan seperti itu ialah dirinya. Disaat-saat seakan-akan itulah, meronce hendak bermacam-macam melatih diri agih menunjukkan jatidirinya.

Sehingga, sebenarnya,seharusnya meren-canakan (kerabat tengkes ataupun dewasa mendekati dewasa) dilatih dan dibimbing mudah-mudahan serupa saudara yang

Terampil. Mandiri. Dan signifikan baigi kelompok luar. Yang betul-betul terpenting, si anak diajarkan akan halnya keyakinan dan taqwa bagi Tuhan Yang Maha Esa.

Penutup

Demikian seputar adapun tembang kinanthi yang mantap denga lirik, arahan dan contoh-contohnya. Semoga Artikel ini dapat membantu Anda dalam menambah wawasan, disiplin dan serupa tumpuan yang lurus hati.

Pelajari juga di poin berikutnya tentu tembang pocung, yang juga terpendam moral yang terlampau super agih kita, sehingga kita juga perlu mengarifi tembang pocung ini.

Mohon bukan main, misal terselip kekeliruan dalam penulisan. Selamat berkativitas bawah, dan salam sukses guna kita πŸ™‚

Tugas Bahasa Jawa - Tembang Macapat

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tugas, Bahasa, Tembang, Macapat

DOC) Mengenal Watak Tembang Macapat | Andi Lesmana - Academia.edu

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Mengenal, Watak, Tembang, Macapat, Lesmana, Academia.edu

Tembang Macapat Lengkap

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tembang, Macapat, Lengkap

Tembang Macapat Lengkap

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tembang, Macapat, Lengkap

Jenis Tembang Macapat Lengkap Dengan Wataknya

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Jenis, Tembang, Macapat, Lengkap, Dengan, Wataknya

Watak Tembang Macapat

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Watak, Tembang, Macapat

Tembang Macapat Lengkap

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tembang, Macapat, Lengkap

Tembang Macapat Lengkap

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tembang, Macapat, Lengkap

Pangkur

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Pangkur

Kak Tolong Kasih Jawaban Pliss - Brainly.co.id

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Tolong, Kasih, Jawaban, Pliss, Brainly.co.id

Belajar Basa Jawa Tembang Sinom Kelas X Semester 2 – Cute766

Watake Tembang Macapat : watake, tembang, macapat, Belajar, Tembang, Sinom, Kelas, Semester, Cute766